Tugas Kelompok Pengantar Bisnis
Andi Setiadi
Juan Christiani
Muhammad Akbar A
Steven Andreas
Rian wijayanto
Universitas Gunadarma
2011
Tugas
minggu 1
1.APA
MAKNA BISNIS DAN JELASKAN MAKSUDNYA APA
Bisnis adalah
serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok
dengan menawarkan barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan/laba.atau
Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang. reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.
Bisnis merupakan sebuah usaha, dimana setiap pengusaha harus siap untung & siap rugi. bisnis tidak hanya tergantung dengan modal uang. reputasi, keahlian, ilmu, sahabat & kerabat dapat menjadi modal bisnis.
2. TERANGKAN
BAGAIMANA MUNCULNYA BISNIS
bisnis dibentuk untuk
mendapatkan profit dan meningkatkan kemakmuran para pemiliknya, sebuah bisnis
mendapatkan imbalan sesuai dengan waktu,
usaha, atau kapital yang mereka
berikan. Namun tidak semua bisnis mengejar keuntungan seperti ini, misalnya
bisnis koperatif yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan semua anggotanya
atau institusi pemerintah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat
3.SEBUT
& BERI CONTOH JENIS DARI PADA BISNIS
Manufaktur adalah bisnis yang memproduksi produk yang berasal dari barang mentah atau komponen-komponen, kemudian dijual untuk
mendapatkan keuntungan. Contoh manufaktur adalah perusahaan yang memproduksi
barang fisik seperti mobil atau pipa.
Bisnis jasa
adalah bisnis yang menghasilkan barang intangible, dan mendapatkan keuntungan
dengan cara meminta bayaran atas jasa yang mereka berikan. Contoh bisnis jasa
adalah konsultan dan psikolog.
Pengecer dan distributor adalah pihak
yang berperan sebagai perantara barang antara produsen dengan konsumen.
Kebanyakan toko dan perusahaan yang berorientasi-konsumen adalah distributor
atau pengecer. lihat pula: Waralaba
Bisnis pertanian dan pertambangan adalah bisnis yang memproduksi barang-barang
mentah, seperti tanaman atau mineral tambang.
Bisnis informasi
adalah bisnis menghasilkan keuntungan terutama dari pejualan-kembali properti
intelektual (intelellectual property).
Utilitas adalah bisnis yang mengoperasikan jasa untuk publik,
seperti listrik dan air, dan biasanya didanai oleh pemerintah.
Bisnis real estate adalah bisnis yang menghasilkan keuntungan dengan
cara menjual, menyewakan, dan mengembangkan properti, rumah, dan bangunan.
Bisnis transportasi adalah bisnis yang mendapatkan keuntungan dengan
cara mengantarkan barang atau individu dari sebuah lokasi ke lokasi yang lain.
4. SEBUT &
JELASKAN YG DIMAKSUD SISTEM EKONOMI
Sistem perekonomian adalah sistem yang
digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya
baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar
antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana
cara sistem itu mengatur faktor
produksinya. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki
semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di
pegang oleh pemerintah. Kebanyakan
sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrem tersebut.
5. SEBUTKAN
TUJUAN KEBIJAKAN BISNIS
Melindungi usaha
kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis
dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di
Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini
berguna u ntuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau
wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan
sehingga bisa menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.
Melindungi lingkungan
hidup sekitarnya.
Melakukan bisnis atau
usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut
antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau memberi dampak negative
kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan
jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti
sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan
meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk
dan lingkungan hidup sekitarnya.
Melindungi konsumen.
Bisnis yang baik
adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen
adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau
dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para
pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik
dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan
yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja
sama kembali.
Pendapatan
pemerintah.
Banyaknya bisnis yang
beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara
kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak
kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba
yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak
Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh
pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini.
Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak
rakyat ini ( korupsi ).
Tugas minggu 2
1. SEBUTKAN APA SAJA
FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN BERIKAN
ALASAN BAIK FAKTOR INTERNAL MAUPUN EKSTERNAL
DAPAT
MEMPENGARUHI KEGIATAN SUATU PERUSAHAAN (BUATLAH DENGAN
CONTOH
KASUS YG ADA / NYATA )
- faktor Internal
1. Karyawan
Dengan memiliki sumber daya manusia atau sdm yang baik akan sangat membantu dunia bisnis untuk maju.
1. Karyawan
Dengan memiliki sumber daya manusia atau sdm yang baik akan sangat membantu dunia bisnis untuk maju.
2. Pemegang Saham dan
Dewan Direksi
Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.
Adalah dua bagian penting yang mengatur kegiatan atau jalannya roda perusahaan publik di mana para pemegang saham memiliki kemungkinan untuk mempengaruhi suatu perusahaan dengan hak suara yang dimilikinya sesuai dengan persentase saham yang dimiliki.
- faktor eksternal
1. Pelanggan /
Konsumen
Konsumen dapat dibagi atau dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen perorangan atau individu dan konsumen lembaga/perusahaan/bisnis. Konsumen membelanjakan uang yang dimilikinya untuk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.
Konsumen dapat dibagi atau dibedakan menjadi 2, yaitu konsumen perorangan atau individu dan konsumen lembaga/perusahaan/bisnis. Konsumen membelanjakan uang yang dimilikinya untuk barang atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.
2. Pemasok / Suplier
/ Suplayer
Membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah.
Membatu perusahaan untuk mendapatkan faktor produksi atau input untuk diolah menjadi keluaran atau output yang memiliki nilai tambah.
3. Pemerintah
Lembaga yang membuat undang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan.
4. Serikat Pekerja
Berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerja seperti upah, jam kerja, fasilitas, kondisi kerja, dan sebagainya
Lembaga yang membuat undang-undang, kebijakan serta peraturan agar roda perekonomian suatu negara atau daerah dapat berjalan seperti yang telah direncanakan.
4. Serikat Pekerja
Berkaitan dengan hal-hal yang berhubungan dengan pekerja seperti upah, jam kerja, fasilitas, kondisi kerja, dan sebagainya
5. Pesaing / Rival
Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat menguasai pasar.
Semakin kuat pesaing kita maka akan mengurangi omset perusahaan, sehingga perlu secara terus menerus melakukan pengembangan dan perbaikan untuk dapat menguasai pasar.
6. Lembaga Keuangan
Contohnya seperti bank, asuransi, leasing atau sewa guna, dan lain sebagainya yang membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.
Contohnya seperti bank, asuransi, leasing atau sewa guna, dan lain sebagainya yang membantu perusahaan dalam mengelola keuangannya.
7. Lembaga Konsumen
Lembaga ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya. Jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan, maka lembaga konsumen akan membantu konsumen.
Lembaga ini akan membantu konsumen dalam memperjuangkan haknya. Jika ada masalah antara konsumen dengan produk perusahaan, maka lembaga konsumen akan membantu konsumen.
8. Kelompok Khusus
Contohnya seperti kelompok sosial, kelompok pecinta alam, dan lain-lain
9. Pihak yang Berkepentingan Lain
Memperhatikan lembaga atau organisasi lain yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Jika kita terjun ke dalam bisnis rumah sakit, maka kelompok dokter, paramedis, pasien, dan lainnya harus diperhatikan.
Contohnya seperti kelompok sosial, kelompok pecinta alam, dan lain-lain
9. Pihak yang Berkepentingan Lain
Memperhatikan lembaga atau organisasi lain yang berhubungan dengan bisnis yang dijalankan. Jika kita terjun ke dalam bisnis rumah sakit, maka kelompok dokter, paramedis, pasien, dan lainnya harus diperhatikan.
2. SEBUTKAN
APA YG DIMAKSUD DENGAN PERUSAHAAN & BERILAH CONTOHNYA
Perusahaan adalah tempat
terjadinya kegiatan produksi
dan berkumpulnya semua faktor
produksi. Setiap perusahaan ada yang terdaftar di pemerintah dan ada
pula yang tidak. Bagi perusahaan yang terdaftar di pemerintah, mereka mempunyai
badan usaha untuk
perusahaannya. Badan usaha ini adalah status dari perusahaan tersebut yang
terdaftar di pemerintah secara resmi.
Jenis perusahaan
berdasarkan lapangan usaha:
- perusahaan ekstraktif
- perusahaan agraris
- perusahaan industri
- perusahaan perdagangan
- perusahaan jasa
Jenis perusahaan
berdasarkan kepemilikan:
- perusahaan negara
- perusahaan swata
3.
SEBUTKAN APA SAJA YG TERMASUK FAKTOR
PRODUKSI DAN
JELASKAN MASING2 PERUNTUKANNYA
a. Sumberdaya Alam
Sumberdaya alam adalah segala sesuatu yang disediakan oleh alam yang dapat
dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhannya. Sumberdaya alam di sini
meliputi segala sesuatu yang ada di dalam bumi, seperti:
- Tanah, tumbuhan, hewan.
- Udara, sinar matahari, hujan.
- Bahan tambang, dan lain sebagainya. Faktor produksi sumberdaya alam merupakan faktor produksi asli karena telah tersedia di alam langsung. Coba Anda lihat di sekitar lingkungan tempat tinggalmu, faktor-faktor produksi sumberdaya alam apa saja yang ada, dan dapat digunakan untuk produksi apa!
- Tanah, tumbuhan, hewan.
- Udara, sinar matahari, hujan.
- Bahan tambang, dan lain sebagainya. Faktor produksi sumberdaya alam merupakan faktor produksi asli karena telah tersedia di alam langsung. Coba Anda lihat di sekitar lingkungan tempat tinggalmu, faktor-faktor produksi sumberdaya alam apa saja yang ada, dan dapat digunakan untuk produksi apa!
b. Sumberdaya Manusia
(Tenaga Kerja Manusia) Tenaga kerja manusia adalah segala kegiatan
manusia baik jasmani maupun rohani yang dicurahkan dalam proses produksi untuk
menghasilkan barang dan jasa maupun faedah suatu barang. Tenaga kerja
manusia dapat diklasifikasikan menurut tingkatannya (kualitasnya) yang terbagi
atas:
a).
|
Tenaga kerja
terdidik (skilled labour), adalah tenaga kerja yang memperoleh pendidikan
baik formal maupun non formal.
Contoh: guru, dokter, pengacara, akuntan, psikologi, peneliti. |
b).
|
Tenaga kerja
terlatih (trained labour), adalah tenaga kerja yang memperoleh keahlian
berdasarkan latihan dan pengalaman.
Contoh: montir, tukang kayu, tukang ukir, sopir, teknisi. |
c)
|
Tenaga kerja tak
terdidik dan tak terlatih (unskilled and untrained labour), adalah tenaga
kerja yang mengandalkan kekuatan jasmani daripada rohani.
Contoh: tenaga kuli pikul, tukang sapu, pemulung, buruh tani. |
Dari klasifikasi
tenaga kerja di atas, coba Anda klasifikasi tenaga kerja yang mana paling
banyak di daerah Anda.
c. Sumberdaya Modal Modal menurut pengertian ekonomi
adalah barang atau hasil produksi yang digunakan untuk menghasilkan produk
lebih lanjut. Misalkan orang membuat jala untuk mencari ikan. Dalam hal ini
jala merupakan barang modal, karena jala merupakan hasil produksi yang
digunakan untuk menghasilkan produk lain (ikan). Di dalam proses produksi,
modal dapat berupa peralatan-peralatan dan bahan-bahan. Modal dapat
dibedakan menurut:
1)
|
Kegunaan dalam
proses produksi.
|
|
a)
|
Modal tetap adalah
barang-barang modal yang dapat digunakan berkali-kali dalam proses produksi.
Contoh: gedung, mesin-mesin pabrik. |
|
b)
|
Modal lancar adalah
barang-barang modal yang habis sekali pakai dalam proses produksi.
Contoh: bahan baku, bahan pembantu. |
|
2)
|
Bentuk Modal
|
|
a)
|
Modal konkret
(nyata) adalah modal yang dapat dilihat secara nyata dalam proses produksi.
Contoh: mesin, bahan baku, gedung pabrik. |
|
b)
|
Modal abstrak
(tidak nyata) adalah modal yang tidak dapat dilihat tetapi mempunyai nilai
dalam perusahaan.
Contoh: nama baik perusahaan dan merek produk. |
d. Sumberdaya
Pengusaha
Sumberdaya ini disebut juga kewirausahaan. Pengusaha berperan mengatur
dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi dalam rangka meningkatkan kegunaan
barang atau jasa secara efektif dan efisien. Pengusaha berkaitan dengan
managemen. Sebagai pemicu proses produksi, pengusaha perlu memiliki kemampuan yang
dapat diandalkan. Untuk mengatur dan mengkombinasikan faktor-faktor produksi,
pengusaha harus mempunyai kemampuan merencanakan, mengorganisasikan,
mengarahkan dan mengendalikan usaha.
4.
.APA PERBEDAAN & BERI CONTOHNYA PRODUCER ORIENTED APPROACH
DAN CONSUMER ORIENTED APPROACH
a.Producer
Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada produsen, maksudnya
menjual barang dan jasa ke pasar.
b.Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen, maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen ke pasar.
b.Consumer Oriented Approach adalah pendekatan yang berorientasi pada konsumen, maksudnya membeli barang dan jasa yang dijual oleh produsen ke pasar.
Tugas minggu 3 :
1.APA YG DIMAKSUD
DENGAN : - BENTUK YURIDIS
-
LEMBAGA KEUANGAN BANK & NON --
BANK SERTA BERI CONTOHNYA
Yuridis adalah
bentuk-bentuk badan usaha . contohnya CV atau PT
Apa yang dimaksud
dengan bank dan non bank?
Bank adalah badan
usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk
simpanan dan
menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau
bentuk-bentuk lainnya
dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat nanyak.
(contoh secara umum :
bank sentral , bank umum , dan bank perkreditan rakyat , bank syariah)
(contoh dari segi
kepemilikan : bank pemerintah , bank pemerintah daerah , bank swasta , bank
swasta asing )
Non bank adalah suatu
lembaga keuangan masyarakat akan tetapi dana yang di hasilkan tidak berasal
dari suatu organisasi , melainkan dari pasar pasar modal atau perusahaan asing
lainnya . ( contoh: pasar modal , pasar uang , koperasi simpan pinjam ,
perusahaan pegadaian ,dll)
2. Apa yang di maksud
dengan merger serta contoh kartel dan joint ventura ??
MERGER : penggabungan
dua perusahaan menjadi satu, dimana perusahaan yang me-merger mengambil/membeli
semua assets dan liabilities perusahaan yang di-merger dengan begitu perusahaan
yang me-merger memiliki paling tidak 50% saham dan perusahaan yang di-merger
berhenti beroperasi dan pemegang sahamnya menerima sejumlah uang tunai atau
saham di perusahaan yang baru . Definisi merger yang lain yaitu sebagai
penyerapan dari suatu perusahaan oleh perusahaan yang lain.
KARTEL :ü kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara. Walaupun demikian, kartel tetap ada baik dalam lingkup nasional maupun internasional, formal maupun informal.
JOINT VENTURE : adalah kerjasama diantara dua orang atau badan usaha atau lebih untuk mengusahakan tertentu
KARTEL :ü kelompok produsen independen yang bertujuan menetapkan harga, untuk membatasi suplai dan kompetisi. Berdasarkan hukum anti monopoli, kartel dilarang di hampir semua negara. Walaupun demikian, kartel tetap ada baik dalam lingkup nasional maupun internasional, formal maupun informal.
JOINT VENTURE : adalah kerjasama diantara dua orang atau badan usaha atau lebih untuk mengusahakan tertentu
3. Jelaskan perbedaan
firma dengan CV ?
Firma adalah sebuah
persekutuan antara 2 orang atau lebih dengan nama bersama yang bertujuan untuk
menjalankan usaha bersama. Tanggung jawab masing-masing anggota badan
usaha firma, yang disebut firman adalah tidak terbatas.
Laba yang diperoleh
jika anda menggunakan badan usaha firma ini akan dibagi bersama-sama. Begitu
pula jika menderita kerugian, semua anggota firma menanggung beban kerugian
tersebut.
Sedangkan CV adalah
persekutuan firma yang mempunyai satu atau beberpa orang sekutu komanditer.
PT (Perseroan
Terbatas) adalah suatu persekutuan/perkumpulan yang modalnya terdiri dari
saham-saham pesero, dimana masing-masing pesero (pemegang saham) bertanggung
jawab sebatas modal yang disertakan.
Yayasan (Inggris: foundation)
adalah suatu badan hukum yang mempunyai maksud dan tujuan
bersifat sosial, keagamaan dan
kemanusiaan, didirikan dengan memperhatikan persyaratan formal yang ditentukan
dalam undang-undang
4. Sebutkan cara
kerja leasing !
Isi kontrak yang
dibuat secara umum memuat antara lain:
a. Nama dan alamat
lessee
b. Jenis barang modal
diinginkan
c. Jumlah atau nilai
barang yang dileasingkan
Bahan Kulian Ekonomi
Moneter – Aris B. Setyawan 17
d. Syarat-syarat
pembayaran
e. Biaya-biaya yang
dikenakan
f. Sangsi-sangsi
apabila lessee ingkar janji
g. Dan lain-lain
Biaya-biaya Yang
Dikeluarkan
a. Biaya administrasi
yang besarnya dihitung pertahun
b. Baya materai untuk
perjanjian
c. Biaya bunga
terhadap barang yang dilessekan
a. Premi asuransi
yang disetor kepada pihak asuransi
Prosedur Permohonan Leasing
Setiap permohonan
yang diajukan lessee haruslah langsung kepihak lessor, baik secara
lisan maupun
tertulis.
Sangsi-sangsi
a. Berupa teguran
lisan supaya segera melunasi
b. Jika tegura tidak
digubis, maka akan diberika teguran tertulis.
c. Dikenakan denda
sesuai perjanjian
d. Penyitaan barang
yang dipegang oleh lessee
Tugas minggu 4
1. Apa
perbedaan wiraswasta dengan wiraswatawan ?
Wiraswasta
itu orang yang memiliki pribadi hebat, produktif, kreatif, melaksanakan
kegiatan perencanaan bermula dari ide sendiri, kemudia mengembangkan
kegiatannya dengan menggunakan tenaga orang lain dan selalu berpegang pada
nilai-nilai disiplin dan kejujuran yang tinggi.
Wiraswastawan itu memanfaatkan sifat dan potensi suatu kesempatan dalam pasar –salesman harus menentukan hasrat dan kemampuan calon pelanggan untuk membeli dan memapankan potensi jangka panjang nya.
Unsur yang dimiliki wiraswasta :
a. Unsur daya pikir
b. Unsur keterampilan
c. Unsur sikap metal maju
Wiraswastawan itu memanfaatkan sifat dan potensi suatu kesempatan dalam pasar –salesman harus menentukan hasrat dan kemampuan calon pelanggan untuk membeli dan memapankan potensi jangka panjang nya.
Unsur yang dimiliki wiraswasta :
a. Unsur daya pikir
b. Unsur keterampilan
c. Unsur sikap metal maju
2. Apa
yang dimaksud dengan franchising,franchisoir, dan franchisee ?
·
Franchising (pewaralabaan) pada hakekatnya adalah
sebuah konsep pemasaran dalam rangka memperluas jaringan usaha secara cepat.
Dengan demikian, franchising bukanlah sebuah alternatif melainkan salah satu
cara yang sama kuatnya, sama strategsinya dengan cara konvensional dalam
mengembangkan usaha. Bahklan sistem franchise dianggap memiliki banyak
kelebihan terutama menyangkut pendanaan, SDM dan managemen, kecuali kerelaan
pemilik merek untuk berbagi dengan pihak lain. Franchising juga dikenal sebagai
jalur distribusi yang sangat efektif untuk mendekatkan produk kepada
konsumennya melalui tangan-tangan franchisee
·
Franchisor atau pemberi waralaba, adalah badan usaha
atau perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk memanfaatkan dan
atau menggunakan hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas
usaha yang dimilikinya.
·
Franchisee atau penerima waralaba, adalah badan usaha
atau perorangan yang diberikan hak untuk memanfaatkan dan atau menggunakan hak
atas kekayaan intelektual atau penemuan atau ciri khas yang dimiliki pemberi
waralaba.
3. Sebutkan
masing-masing 5 contoh franchising dalam negeri untuk bidang makanan , jasa
kecantikan , pendidikan !
·
Makanan: Shakey Pisa , KFC , Swensen , Burger King ,
MCDonald
·
Jasa kecantikan: johny andrean, Dove, Clear, Zwitsal,
Gatsby
·
Pendidikan: : Global Art, Primagama, LPIA, Ganesha,
Al-Azhar
4. Jelaskan
apa yang dimaksud dengan perusahaan kecil dan beri contoh 5 yang ada disekitar
kampus mu !
Bisnis
kecil yaitu usaha yang dimiliki dan dioperasikan swasta, dengan sejumlah kecil
karyawan dan volume relatif rendah dari penjualan.
Contohnya:
·
seorang pedagang mie ayam yang mendirikan bisnis kecil
yang dikelola sendiri .
·
pemilik rumah makan padang yang mendirikan usaha
kecilnya yang di kelola oleh orang tersebut
·
pemilik warung makan yang mendirikan bisnis kecil lalu
di kelola sendiri
·
pemilik warung yang mendirikan bisnis kecil dan
dikelola sendiri
·
pemilik rumah makan yang mendirikan bisnis kecil yang
di kelola sendiri
Tugas minggu 5
1. SEBUTKAN APA
FUNGSI MANAJEMEN & APLIKASIKAN PADA DIRI ANDA
SEBAGAI SEORANG MAHASISWA SERTA APA MANFAATNYA
- Planning merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn pendefinisian sasaran utk kinerja organisasi di masa depan dan utk memutuskan tugas-tugas dan sumber daya-sumber daya yg digunakan yg dibutuhkan utk mencapai sasaran tersebut.
- Organizing merupakan fungsi manajemen yg berkenaan dgn penugasan mengelompokkan tugas-tugas ke dalam departemen-departemen dan mengalokasikan sumber daya ke departemen.
- Leading fungsi manajemen yg berkenaan dgn bagaimana menggunakan pengaruh utk memotivasi karyawan dalam mencapai sasaran organisasi.
- Controlling fungsi manajemen yg berkenaan dgn pengawasan terhadap aktivitas karyawan menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yg sesuai dgn sasaran dan melakukan koreksi apabila diperlukan.
2. BAGAIMANA
LATAR BELAKANG SEJARAH MANAJEMEN
● Gerakan
Manajemen Ilmiah
Perusahaan yang ingin
maju selalu berusaha mendapatkan cara-cara yang efisien untuk mengelola
produksivitas dan pada saat yang sama menurunkan biaya produksi. Sebelum 1880,
pengelolaan perusahaan pada umumnya dipandang suatu cara yang biasa, apa
adanya, jika tidak dianggap suatu seni. Tetapi sekitar 1885, Frederick W,
Taylor ( 1856-1915) merupakan salah seorang yang pertama kali mempelajari
metode kerja.
Beberapa tahun
sebelumnya Taylor, Henry Fayol (1841-1945) telah menjadi manajer pada sebuah
pertambangan batu bara di Prancis. Sejak pemunculan bukunya tahun 1911, Taylor
dikenal sebagai bapak dari gerakan manajemen ilmiah. Buku yang diterbitkannya
berjudul The Principles of Scientific Management. Taylor juga
mengemukakan beberapa prinsip manajemen ilmiah, yaitu :
Prinsip 1 :
Semua pekerjaan yang dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan
satu cara terbaik untuk menyelesaikannya.
Prinsip 2 :
Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara
ilmiah.
Prinsip 3 : Kita
dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut
diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar
insentif, yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya.
Prinsip 4 :
Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan, dan pemeriksaan pekerjaan.
3.SEBUT &
JELASKAN CIRI2 KETRAMPILAN YG DIBUTUHKAN MANAJER PROFESIONAL
Manajer profesional
adalah harapan semua organisasi bisnis. Seorang manajer profesional bisa
membawa kemajuan bagi organisasi bisnis. Lalu apa kriteria manajer profesional
tersebut? Seorang manajer profesional setidaknya harus memenuhi beberapa
persyaratan pokok berikut ini:
a. Mempunyai
pengetahuan dan wawasan yang luas tentang bidang bisnis dan organisasi yang
ditanganinya. Syarat ini adalah syarat pokok yang harus dimiliki oleh seorang
manajer profesional. Tanpa pengetahuan dan wawasan yang luas, bagaimana bisa
manajer tersebut bisa menjalankan organisasinya secara efektif dan menghasilkan
keuntungan bagi bisnis yang dijalankannya.
b. Mempunyai
kepribadian yang baik dan tangguh sesuai dengan norma-norma yang berlaku secara
umum di masyarakat. Seorang manajer profesional harus seorang yang mempunyai
budi pekerti yang luhur. Perilaku seorang manajer harus sesuai dengan nilai-nilai
positif. Dengan demikian, sumber daya manusia yang berkualitas adalah syarat
penting yang harus dimiliki oleh seorang manajer profesional.
c. Mempunyai
pengalaman yang luas dalam bidang bisnis yang dijalankannya. Seperti kita semua
ketahui, pengalaman adalah lebih penting daripada pengetahuan. Pengetahuan
tanpa disertai dengan pengalaman yang memadai tidak akan banyak berguna dalam
menghasilkan output yang bernilai positif bagi organisasi bisnis. Pengetahuan
yang luas disertai dengan pengalaman yang luas adalah senjata utama bagi
keefektifan kerja seorang manajer profesional.
d. Mempunyai
kemampuan bersosialisasi yang baik. Tugas seorang manajer adalah mengurus
orang-orang yang ada di bawahnya. Tanpa kemampuan sosialisasi yang baik, tidak
mungkin akan tercapai suatu hubungan yang saling menguntungkan antara atasan
dan bawahan. Kemampuan sosialisasi sangat penting untuk mengarahkan bawahan
menuju tercapainya tujuan organisasi.
e. Mempunyai
kemampuan manajerial yang memadai. Kemampuan manajerial adalah pengetahuan
utama yang harus dimiliki oleh seorang manajer profesional. Kemampuan ini bisa
dipelajari di sekolah-sekolah formal atau melalui kursus atau melalui buku-buku
manajemen. Ilmu manajerial yang hebat akan menjadi nilai lebih yang sangat bagus
bagi seorang manajer untuk dapat menjalankan organisasi secara efektif dan
efisien.
4.APA ITU ORGANISASI
& SEBUTKAN ELEMEN2NYA
Organisasi adalah
sekelompok orang (dua atau lebih) yang secara formal dipersatukan dalam suatu
kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
Elemen
organisasi :
Elemen organisasi
tergantung pada seberapa kompleks organisasi tersebut.
Elemen organisasi minimal terdiri dari 4, yakni:
1. Struktur Sosial
= Yakni berhubungan dengan apakah masyarakat atau orang-orang dalam organisasi tersebut sederhana atau kompleks. Misalnya organisasi RT atau RW, memiliki masyarakat tertentu, dan tentunya untuk tingkat yang masih sederhana ini kekompleksannya tidak setinggi organisasi yang lebih rumit, yakni misalnya pemerintahan.
2. Partisipan
= Yakni merupakan anggota dari organisasi tersebut, dimana elemen ini adalah elemen terpenting dari organisasi. Tanpa partisipan tentunya tidak akan terbentuk organisasi. Tidak hanya itu, elemen ini juga paling menentukan apakan organisasi tersebut baik atau tidaknya. Bila orang-ornag yang tergabung sebagai partisipan bermutu baik, maka kinerja maupun hasil organisasi tersebut juga pasti baik.
Elemen organisasi minimal terdiri dari 4, yakni:
1. Struktur Sosial
= Yakni berhubungan dengan apakah masyarakat atau orang-orang dalam organisasi tersebut sederhana atau kompleks. Misalnya organisasi RT atau RW, memiliki masyarakat tertentu, dan tentunya untuk tingkat yang masih sederhana ini kekompleksannya tidak setinggi organisasi yang lebih rumit, yakni misalnya pemerintahan.
2. Partisipan
= Yakni merupakan anggota dari organisasi tersebut, dimana elemen ini adalah elemen terpenting dari organisasi. Tanpa partisipan tentunya tidak akan terbentuk organisasi. Tidak hanya itu, elemen ini juga paling menentukan apakan organisasi tersebut baik atau tidaknya. Bila orang-ornag yang tergabung sebagai partisipan bermutu baik, maka kinerja maupun hasil organisasi tersebut juga pasti baik.
3. Tujuan
= Terbentuknya
organisasi pasti dilandasi adanya tujuan yang sama dari partisipan-partisipan
yang tergabung yang hendak dicapai bersama. Tujuan organisasi merupakan
landasan yang penting dalam berdirinya sebuah organisasi.
4. Teknologi
= Teknologi merupakan pendukung dari kinerja organisasi tersebut. Dengan adanya teknologi maka kinerja organisasi dapat semakin cepat dan lebih efektif. Tidak hanya itu, adanya dukungan teknologi dalam kinerja organisasi maka organisasi itu dapat semakin berkembang
4. Teknologi
= Teknologi merupakan pendukung dari kinerja organisasi tersebut. Dengan adanya teknologi maka kinerja organisasi dapat semakin cepat dan lebih efektif. Tidak hanya itu, adanya dukungan teknologi dalam kinerja organisasi maka organisasi itu dapat semakin berkembang
TUGAS MINGGU
6.
1. JELASKAN
PERBEDAAN PASAR DENGAN PEMASARAN
Pasar adalah tempat
pertemuan antara penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya, daerah, tempat,
wilayah, area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran yang saling
bertemu dan membentuk harga.
Pemasaran memiliki
arti yang berbeda-beda :
v Menurut
Kotler, pemasaran adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan dan
keinginanan melalui proses pertukaran.
v Menurut
Stanton, pemasaran meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan kegiatan
untuk merencanakan dan menentukan harga, hingga mempromosikan dan
mendistribusikan barang atau jasa yang dapat memuaskan kebutuhan pembeli, baik
yang actual maupun yang potensial.
v Menurut
American Marketing Asociation, pemasaran merupakan pelaksanaan kegiatan usaha
niaga yang diarahkan pada arus aliran barang dan jasa dari produsen ke konsumen.
Dengan demikian dapat
disimpulkan pemasaran adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa drai
produsen ke konsumen, atau semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang
dan/atau jasa dari produsen ke konsumen.
2. BERIKAN
CONTOH MASING-MASING 5 UNTUK :
*JENIS PASAR INDUSTRI
*PASAR PENJUAL
A. Pasar Industri
B. Jenis / macam-macam industri berdasarkan tempat
bahan baku
1. Industri ekstraktif
Industri ekstraktif adalah industri yang bahan baku
diambil langsung dari alam sekitar.
- Contoh : pertanian, perkebunan, perhutanan,
perikanan, peternakan, pertambangan, dan lain lain.
2. Industri nonekstaktif
Industri nonekstaktif adalah industri yang bahan baku
didapat dari tempat lain selain alam sekitar.
3. Industri fasilitatif
Industri fasilitatif adalah industri yang produk
utamanya adalah berbentuk jasa yang dijual kepada para konsumennya.
- Contoh : Asuransi, perbankan, transportasi,
ekspedisi, dan lain sebagainya.
C. Golongan / macam industri berdasarkan besar kecil
modal
1. Industri padat modal
adalah industri yang dibangun dengan modal yang
jumlahnya besar untuk kegiatan operasional maupun pembangunannya
2. Industri padat karya
adalah industri yang lebih dititik beratkan pada
sejumlah besar tenaga kerja atau pekerja dalam pembangunan serta
pengoperasiannya.
D. Jenis-jenis / macam industri berdasarkan
klasifikasi atau penjenisannya
= berdasarkan SK Menteri Perindustrian No.19/M/I/1986
=
1. Industri kimia dasar
contohnya seperti industri semen, obat-obatan, kertas,
pupuk, dsb
2. Industri mesin dan logam dasar
misalnya seperti industri pesawat terbang, kendaraan
bermotor, tekstil, dll
3. Industri kecil
Contoh seperti industri roti, kompor minyak, makanan
ringan, es, minyak goreng curah, dll
4. Aneka industri
misal seperti industri pakaian, industri makanan dan
minuman, dan lain-lain.
E. Jenis-jenis / macam industri berdasarkan jumlah
tenaga kerja
1. Industri rumah tangga
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja
berjumlah antara 1-4 orang.
2. Industri kecil
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja
berjumlah antara 5-19 orang.
3. Industri sedang atau industri menengah
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja
berjumlah antara 20-99 orang.
4. Industri besar
Adalah industri yang jumlah karyawan / tenaga kerja
berjumlah antara 100 orang atau lebih.
F. Pembagian / penggolongan industri berdasakan
pemilihan lokasi
1. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan
pada pasar (market oriented industry)
Adalah industri yang didirikan sesuai dengan lokasi
potensi target konsumen. Industri jenis ini akan mendekati kantong-kantong di
mana konsumen potensial berada. Semakin dekat ke pasar akan semakin menjadi
lebih baik.
2. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan
pada tenaga kerja / labor (man power oriented industry)
Adalah industri yang berada pada lokasi di pusat
pemukiman penduduk karena bisanya jenis industri tersebut membutuhkan banyak
pekerja / pegawai untuk lebih efektif dan efisien.
3. Industri yang berorientasi atau menitikberatkan
pada bahan baku (supply oriented industry)
Adalah jenis industri yang mendekati lokasi di mana
bahan baku berada untuk memangkas atau memotong biaya transportasi yang besar.
G. Macam-macam / jenis industri berdasarkan
produktifitas perorangan
1. Industri primer
adalah industri yang barang-barang produksinya bukan
hasil olahan langsung atau tanpa diolah terlebih dahulu
Contohnya adalah hasil produksi pertanian, peternakan,
perkebunan, perikanan, dan sebagainya.
2. Industri sekunder
industri sekunder adalah industri yang bahan mentah
diolah sehingga menghasilkan barang-barang untuk diolah kembali.
Misalnya adalah pemintalan benang sutra, komponen
elektronik, dan sebagainya.
3. Industri tersier
Adalah industri yang produk atau barangnya berupa
layanan jasa.
Contoh seperti telekomunikasi, transportasi, perawatan
kesehatan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
B. Pasar penjual
Pasar persaingan sempurna
pada jenis persaingan sempurna, aktivitas
persaingannya tidaklah nampak karena tidak terbatasnya jumlah produsen
(sehingga pangsa pasar mereka menjadi terkotak-kotak atau kecil-kecil) dan
konsumen dapat menjual atau membeli berapa saja tanpa ada tasa asal bersedia
membeli atau menjual pada harga pasar. Jadi, pada pasar ini justru tidak ada gunanya
mengadakan persaingan.
Pasar Monopoli.
pasar monopoli adalah sebuah bentuk pasa ryang
dikuasai oleh seorang penjual saja. Dalam hal ini tidak ada barang subtitusi
terhadap barang yang dijual oleh penjual tunggal tersebut, serta terdapat
hambatan untuk masuknya pesaing dari luar, penyebab terjadinya monopoli bisa
macam-macam, misalnya karena menguasai bahan mentah, penguasaan teknik produksi
tertentu yang dimiliki, tindakan yurudis dalam perolehan hak paten dan secara
alamiah karena luas pasar yang tak cukup besar untuk dilayani oleh lebih dari
satu produsen dengan menggunakan skala pabrik yang optimal
Pasar Oligopoli.
sebenarnya pasar oligopoli merupakan perluasan dari
pasar monopoli, Dalam menentukan tingkat harga dan kuantitas produkssi
produksi, karena pengaruh dari pesaing sangat terasa, tindakan atau aktivitas
pesaing perlu dimasukkan dalam perhitungan.
Pasar Persaingan Monopolistik
Pasar ini merupakan bentuk campuran antara persaingan
sempurna dengan monopoli. Dikatakan mirip persaingan sempurna karena ada
kebebasan bagi perusahaan untuk masuk-keluar pasar, selain itu , barang dijual
pun tidak homogen. Oleh karena barang-barang yang heterogen itu dimiliki oleh
beberapa perusaan besar saja, pasar ini mirip dengan monopoli.
setelah dilihat dari sisi produsen, selanjutnya pasar
akan dilhat dari sis konsumen. Dari sisi konsumen, pasar dapat dibedakan atas
empat bentuk, yaitu : pasar konsumen, pasar industri, pasar penjual kembali (reseller),
dan pasar pemerintah, penjelasan singkatnya adalah sebagai berikut :
Pasar konsumen
Pasar ini merupakan pasar untuk barang dan jasa yang
dibeli atau disewa oleh perorangan atau keluarga dalam rangka penggunaan
pribadi (tidak untuk dibisniskan).
Pasar Industri.
Pasar ini adalah pasar untuk barang dan jasa yang
dibeli atau disewa oleh perorangan atau organisasi untuk digunakan pada
produksi barang atau jasa lain, baik untuk dijualn maupun untuk disewakan,
(dipakah untuk diproses lebih lanjut).
Pasar Penjual Kembali (Reseller),
adalah suatu pasar yang terdiri dari perorangan
dan/atau organisasi yang biasa disebut para pedagang menengah yang terdiri dari
dealer. distributor, groessier, agent dan retailer.
Kesemua reseller ini melakukan penjualan kembali dalam rangka
mendapatkan keuntungan.
Pasar Pemerintah,
merupakan pasar yang terdiri dari unit-unit pemerintah
yang membeli atau menyewa barang atau jasa untuk menjalankan tugas-tugas
pemerintah, misalnya di sektor pendidikan, perhubungan, kesehatan, dan
lain-lain.
3. APA YG
DIMAKSUD KONSEP INTI PEMASARAN
Kebutuhan (needs)
Kebutuhan
manusia (human needs) adalah ketidakberadaan beberapa pemuas
dasar. Manusia membutuhkan makanan, pakaian, tempat berlindung, keamanan, hak
milik dan harga diri. Kebutuhan ini tidak diciptakan oleh masyarakat atau
pemasar. Mereka merupakan hakikat biologis dan kondisi manusia.
Sebagai
pelaku usaha harus jeli dalam membidik kebutuhan manusia pada saat sekarang
ini. Mungkin bisa saya contohkan untuk saat sekarang yang sedang berkembang
pesat adalah teknologi mobile dan informasi. Dua kebutuhan yang
terkait dengan hal tersebut ialah PULSA dan INTERNET CONNECTION. Perusahaan
yang pandai melihat pasar sebagai kebutuhan pokok tersebut akan sukses dalam
berusaha. Karena manusia sekarang sudah dapat dikatakan dengan “Ketergantungan
Pulsa dan Internet”.
Keinginan (wants)
Keinginan
(wants) adalah hasrat akan pemuas kebutuhan yang spesifik.Orang daerah
perkotaan membutuhkan makanan dan menginginkan hamburger, kentang goreng, dan
minuman berkarbonisasi. Dalam masyarakat lain kebutuhan ini mungkin dipenuhi
dengan cara lain. Seorang yang lapar di daerah pedesaan mungkin menginginkan
nasi, buah-buahan, dan kacang. Meskipun kebutuhan manusia sedikit, keinginan
mereka banyak. Keinginan manusia terus dibentuk dan diperbaharui sejalan dengan
perkembangan jaman.
Bagi
kalangan pengusaha yang ingin membidik pasar dari segi keinginan manusia ini
harus benar-benar sekreatif mungkin sehingga manusia (baca: konsumen)
tertarik.
Permintaan (demands)
Permintaan
(demands) adalah keinginan akan produk spesifik yang didukung oleh
kemampuan dan kesediaan untuk membelinya. Keinginan jadi permintaan jika
didukung oleh daya beli. Banyak orang yang menginginkan mobil mewah, namun
hanya sedikit yang mampu dan bersedia untuk membeli. Karena itu perusahaan
harus mengukur tidak hanya berapa banyak orang yang menginginkan produk mereka
tetapi yang lebih penting berapa banyak orang yang benar-benar bersedia dan
mampu membelinya.
Produk
Manusia
dalam memuaskan kebutuhan dan keinginannya dengan menggunakan produk. Produk
adalah segala sesuatu yang dapat ditawarkan untuk memuaskan suatu kebutuhan dan
keinginan. Produk atau penawaran dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu barang,
jasa, dan gagasan. Sebagai contoh adalah sebuah restoran siap saji menyediakan
barang (hamburger, kentang goreng, dan minuman ringan), jasa (pembelian,
jasa memasak, dan menyediakan tempat duduk), dan gagasan (menghemat
waktu konsumen).
Point
satu sampai tiga menjadi dasar Anda untuk menentukan produk yang ingin
dipasarkan. Gunakan bidikan yang tepat dan perencanaan yang matang untuk
menentukan produk Anda (Barang, Jasa atau Gagasan) agar menang dalam
persaingan didalam dunia pemasaran.
Perusahaan
manufaktur sering membuat kesalahan dengan lebih memperhatikan produk fisik
daripada jasa yang diberikan produk tersebut.Mereka merasa menjual produk
daripada memberikan pemecahan atas suatu kebutuhan.
Nilai, Biaya dan Kepuasan
Bagaimana
seseorang memilih di antara banyak produk yang dapat memuaskan kebutuhannya?
Bagaimanapun
juga seseorang harus memutuskan produk mana yang akan memberikan kepuasan total
yang terbesar.
Konsep
yang dapat membantu memecahkan masalah ini adalah nilai dan kepuasan. Nilai (value)
adalah perkiraan konsumen atas seluruh kemampuan produk untuk memuaskan
kebutuhannya. Misalkan seseorang tertarik pada kecepatan dan kemudahan
berangkat ke tempat kerja. Jika ditawarkan semua produk tersebut di atas tanpa
biaya, ia akan memilih mobil.
Namun,
karena tiap produk memiliki biaya (cost), ia tidak akan memilih
mobil yang biayanya jauh lebih besar daripada sepeda atau taksi. Ia harus
mengorbankan sesuatu untuk mendapatkan mobil. Karena itu ia akan
mempertimbangkan nilai dan harga produk sebelum menetapkan pilihan. Ia akan
memilih produk yang menghasilkan lebih banyak nilai per rupiah. Menurut DeRose,
nilai adalah”pemenuhan tuntutan pelanggan dengan biaya perolehan, pemilikan,
dan penggunaan terendah”.
Pertukaran dan Transaksi
Pertukaran
adalah tindakan memperoleh barang yang dikehendaki dari seseorang dengan
menawarkan sesuatu sebagai imbalan. Terdapat beberapa kondisi agar pertukaran
dapat terjadi, yaitu terdapat sedikitnya dua pihak, tiap pihak memiliki sesuatu
yang mungkin berharga bagi pihak lain, tiap pihak mampu berkomunikasi dan
melakukan penyerahan, tiap pihak bebas menerima atau menolak tawaran
pertukaran.Dan yang terakhir, tiap pihak yakin bahwa berunding dengan pihak
lain adalah layak dan bermanfaat.
Pertukaran
baru akan terjadi apabila kedua belah pihak dapat menyetujui syarat pertukaran,
yang akan membuat mereka lebih baik dari pada sebelum pertukaran.
Pertukarandipersepsikan sebagai proses penciptaan nilai karena pertukaran
umumnya membuat kedua belah pihak menjadi lebih baik.
Transaksi
adalah perdagangan nilai-nilai antara dua pihak atau lebih. Terdapat beberapa
kondisi dalam transaksi, yaitu sekurang-kurangnya dua benda yang bernilai,
persyaratan yang disetujui,waktu persetujuan, dan tempat persetujuan. Biasanya
sistem hukum dipakai untuk memperkuat dan memaksa agar pihak yang bertransaksi
menaatinya. Tanpa ada hukum perjanjian, orang-orang akan memandangtransaksi
dengan kecurigaan dan semua pihak akan rugi.
Dalam
pemikiran yang paling umum, pemasar berusaha mendapatkan tanggapan
perilaku (behavioral response) dari pihak lain. Sebuah perusahaan
menginginkan tanggapan berupa pembelian, calon politisi menginginkan tanggapan
berupa suara, organisasi sosial menginginkan tanggapan berupa gagasan.Pemasaran
mencakup tindakan-tindakan yang dilakukan untuk mendapatkan tanggapan yang
diharapkan dari audiens yang dituju.
Proses
untuk mendapatkan syarat yang disepakati bersama disebut negosiasi. Negosiasi
mengarah pada persyaratan-persyaratan yang disepakati bersama atau sebuah
keputusan untuk tidak melakukan transaksi.
Hubungan dan Jaringan
Pemasaran
transaksi adalah bagian dari gagasan yang lebih besar yang dinamakan pemasaran
hubungan. Pemasaran hubungan adalah praktik membangun hubungan jangka panjang
yang memuaskan dengan pihak-pihak kunci pelanggan, pemasok, penyalur guna
mempertahankan preferensi dan bisnis jangka panjang. Pemasar yang cerdik
berusaha membangun hubungan jangka panjang yang saling mempercayai dan
saling menguntungkan dengan pelanggan,
penyalur,
dealer, dan pemasok yang berharga. Pemasar dapat mewujudkan hal ini dengan
menjanjikan dan memberikan kualitas yang tinggi, pelayanan yang baik, harga
yang wajar kepada pihak lain dari waktu ke waktu.
4.
SEBUT DAN JELASKAN 4 VARIABEL BAURAN PROMOSI
Keempat bauran
promosi tersebut secara singkat dijelaskan sebagai berikut:
1. Product (produk) adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dipegang, dibeli atau dikonsumsi. Produk dapat terdiri dari product variety, quality, design, feature, brand name, packaging, sizes, services, warranties, and returns.
2. Price (harga),
yaitu sejumlah
uang yang konsumen bayar untuk membeli pruk atau mengganti hal milik produk.
Harga meliputi last price, discount, allowance, payment period, credit terms,
and retail price.
3. Place (tempat),
yaitu
berbagai kegiatan perusahaan untuk membuat produk yang dihasilkan/dijual
terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran. Tempat meliputi antara lain
channels, coverage, assortments, locations, inventory, and transport.
4. Promotion
(promosi), yaitu berbagai kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan
dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran. Variabel promosi meliputi antara
lain sales promotion, advertising, sales force, public relation, and direct
marketing.
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
variabel promosi atau yang lazim disebut bauran komunikasi pemasaran (Koter, 1997:604):
a. Advertising, yaitu
semua bentuk presentasi nonpersonal dan promosi ide, barang, atau jasa oleh
sponsor yang ditunjuk dengan mendapat bayaran.
b. Sales promotion,
yaitu insentif jangka pendek untuk mendorong keinginan mencoba atau pembelian
produk dan jasa.
c.
Public relations and publicity, yaitu berbagai program yang dirancang untuk
mempromosikan dan/atau melindungi citra perusahaan atau produk individual yang
dihasilkan.
d.
Personal selling, yaitu interaksi langsung antara satu atau lebih calon pembeli
dengan tujuan melakukan penjualan.
e.
Direct marketing, yaitu melakukan komunikasi pemasaran secara langsung untuk
mendapatkan respon dari pelanggan dan calon tertentu, yang dapat dilakukan
dengan menggunakan surat, telepon, dan alat penghubung nonpersonal lain.
5.
SEBUTKAN BEBERAPA ALTERNATIF SISTEM PEMASARAN
Tugas minggu 7
Sebutkan faktor –
faktor penunjang perkembangan manajemen produksi…?
Jawab :
Faktor Internal : Penyedia , Pelanggan, Pesaing,
Tenaga kerja, Modal, Alat dan mesin, bahan baku, sistem informasi
Faktor
eksternal : alam dan ekologi, politik, hukum, perekonomian, pendidikan dan
tehnologi, sosial dan budaya, demografi, hubungan internasional
2.
Sebutkan arti produksi dan beri 5 contohnya…?
Jawab :
Produksi
adalah segala kegiatan untuk menciptakan atau menambah guna atas suatu benda
yang ditunjukkan untuk memuaskan orang lain melalui pertukaran
Contoh
: produksi Sandal high heels, produksi jaket, produksi tas ransel, produksi tas
pinggang, produksi sepatu bola
3. Apa yg
dimaksud dengan proses produksi terus menerus dan
Beri 5 contohnya …?
Jawab :
Proses
produksi terus-menerus adalah proses produksi barang atas dasar aliran produk
dari satu operasi ke operasi berikutnya tanpa penumpukan disuatu titik dalam
proses.
Contoh
: Industri gelas, industri keramik, indusri kertas, industri karet, industri
senjata
4. Sebut
dan jelaskan 4 macam pengambilan keputusan…?
Jawab :
Pengambilan
keputusan terprogram : suatu respons otomatik terhadap kebijaksanaan
kebijaksanaan yang telah ditetapkan sebelumnya,
Pengambilan
keputusan tidak terprogram : proses proses pengambilan keputusan untuk menjawab
masalah masalah yang kurang didefiniskan,
Pengambilan
keputusan tingkat strategis : keputusan yang menetapkan rencana jangka panjang
yang akan mempengaruhi keseluruhan organisasi,
Pengambilan keputusan tingkat taktis : berhubungan
dengan kegiatan jangka pendek dan penentuan sumber daya untuk mencapai tujuan
5.
Sebutkan ruang lingkup manajemen produksi…?
Jawab :
Ruang
lingkup manajemen produksi yaitu Perencanaan sistem produksi, perencanaan
operasi dan sistem pengendalian produksi
TUGAS MINGGU 8.
1. Apa yg dimaksud nilai waktu uang
..?
Jawab :
Nilai
waktu uang adalah suatu konsep yang menyatakan bahwa nilai uang sekarang akan
lebih berharga dari pada nilai uang masa yang akan datang atau suatu konsep
yang mengacu pada perbedaan nilai uang yang disebabkan karena perbedaaan waktu.
2. Apa arti bunga jika seseorang
menabung sejumlah dana di bank…?
Jawab :
Bunga
juga dapat diartikan sebagai harga yang harus dibayar kepada nasabah (yang
memiliki simpanan ) dengan yang harus dibayar oleh nasabah kepada bank (nasabah
yang memperoleh pinjaman )
3. Apa yg dimaksud nilai waktu uang
yang akan datang /future value…?
Jawab :
Future
value adalah nilai uang dimasa yang akan datang dari uang yang diterima atau
dibayarkan pada masa sekarang dengan memperhitungkan tingkat bunga setiap
periode selama jangka waktu tertentu
4. Buatlah soal untuk mengaplikasi
kan soal no.3 dengan suatu kasus…?
Jawab :
Sebuah
perusahaan yang bernama Pt.Sinar Mas Utama memperoleh pinjaman modal dari
bank cimb niaga sebesar Rp 150.000.000 untuk mebeli peralatan produksi dengan
jangka waktu 7 tahun bunga yang dikenakan sebesar 10 % per tahun berapa jumlah
yang harus dibayar oleh perusahaan tsb pada akhir tahun ke 4?
5. Apa arti nilai
tunai anuitas & biasa digunakan untuk usaha di
bidang apa …?
Jawab :
Anuitas
adalah sejumlah pembayaran pinjaman yang sama besarnya yang dibayar setiap
jangka waktu tertentu dan terdiri atas bagian bunga dan bagian angsuran.
Biasanya digunakan dalam bidang asuransi
TUGAS MINGGU 9
1. Apa
yang dimaksud dengan managment keuangan Dan sebutkan keputusan manajer keuangan
itu apa saja,serta kegiatan seorang manajer keuangan berkaitan dengan
erat dengan apa…?
Jawab :
Manajemen Keuangan adalah suatu kegiatan perencanaan,
penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, pencarian dan penyimpanan
dana yang dimiliki oleh organisasi atau perusahaan.
Keputusan dalam manager keuangan yaitu :
1. penggunaan dana ( keputusan investasi )
2. memperoleh dana ( keputusan pendanaan )
3. pembagian laba ( kebijakan dividen )
Dalam seorang manager keuangan berkaitan erat dengan :
kegiatan perencanaan analisis dan pengendalian
kegiatan kuangan
ada 3 macam kegiatan utama dalam manager kuangan yaitu
:
1. mencari dana
2. menggunakan pada assets perusahaan
Kegiatan utama inilah yang di sebut fungsi keuangan ,
fungsi management keuangan ini di bawah tanggung jawab manager keuangan ,
manger keuangan perlu memperoleh dana dari pasar keuangan ,pasar keuangan
menujukan demand atau supply akan dana .
Sumber dana perusahaan dapat di kelompokan menurut
prosesnya menjadi sumber dana internal dan sumber dana eksternal , sumber dan
internal adalah sumber dana yang berasal dari hasil kegiatan operasi perusahaan
secara langsung,, sumber dana ini berasal dari deprisiasi saldo dan laba.
Sumber dana eksternal adalah adalah sumber dana yang
bukan dari hasil kegiatan perusahaan . sumber dana itu berupa hutang ,saham
preferen ,saham biasa,diskon,dari pembelian,penghematan atau pembebasan pajak ,
subsidi dan lain – lain
Secar akuntansi sumber dana perusahaan dapat di
kelompokan menjadi hutang ekuitas .dalam laporan keuangan ,sumber dan
perusahaan akan di laporkan pada neraca perusahaan pada sisi kanan, yaitun sisi
passive
Dana yang di peroleh tersebut kemudian di investasikan
pada berbagai aktiva perusahaan . dari kegiatan menamanmkan dana
perusahaan mengharapkan untuk memperoleh hasil yang lebih besar dari
pengorbannya ,dengan kata lain diharapkan laba,alokasi dan dapat
diklasifikaskan menjadi dua yaitu dana yang di gunakan untuk
pembiayaan modal kerja dan dana yang digunakan untuk investasi pada barang
modal
Dana yang di alokasikan pada modal kerjaadalah dana
untuk membiayai operasi perusahaan melalui proses produksi dalam menghasilkan
penjualan ,dana ini di catat pada sisi aktiva lancer ,dana yang di gunakan
untuk pengadaan barang modal adalah dana untuk pengadaan afsilitas
produksi dan operasi ,seprti pengadaan lahan pabrik,bangunan ,mesin , dan lain
– lain peralatan
2. Apa yg
dimaksud dengan kapital budgeting dan sebutkan metode
perhitungannya …?
Jawab :
- Capital budgeting merupakan keseluruhan proses pengumpulan, pengevaluasan, penyeleksian dan penentuan alternative penananman modal yang akan memberikan penghasilan bagi perusahaan untuk jangka waktu lebih dari satu tahun
» Metode
perhitungannya :
- Cashflow Keputusan investasi yang dilakukan oleh perusahaan diharapkan akan bisa ditutup oleh penerimaan penerimaan dimasa yang akan datang. untuk menghitung aliran kas atau cashflow adalah denganmenambah keuntungan setelah pajak dengan pengeluaran tidak tunai. Rumusnya :
CASHFLOW = EAT +
PENYUSUTAN
.
- Average rate of return
Perhitungan Average rate of return didasarkan atas jumlah keuntungan
bersih sesudah pajak (EAT) yang tampak dalam laba rugi. Pengukuran denganteknik
rate of return ini sering pula disebut degan istilah yang perhitunganya
dilakukan sebagai berikut:
cara perhitungannya dengan jalan membagi dua jumalah Investasirata ±
rata ini mengasumsikan bahwa perusahaan mengunakan metode depresiasigaris lurus
dan nilai residua tau slvage value pada akhirumur ekonomis proyek.Dan dengan
demikian nilai buku aktiva akan akan menurun pada nilai konstan,mulai dari
nilai Investasi yang semula samapai dengn Rp 0pada akhir umur proyek.
Rata-rata Pengembalian = Rata-rata pendapatan :
pengembalian rata-rata
3.
Berikan alasan mengapa manajer keuangan mencari dana …?
Jawab :
Alasan dari
manager keuangan mencari dana adalah
o Untuk Memperoleh modal untuk perusahaan tersebut
o Untuk Mencari
dan mengeksploitasi sumber dana yang ada untuk operasional kegiatan perusahaan
o Untuk Melakukan evaluasi serta perbaikan atas keuangan
dan sistem keuangan pada perusahaan,
Dengan
tujuan Memaksimalisasi
nilai perusahaan, apabila suatu saat perusahaan dijual maka harganya dapat
ditetapkan setinggi mungkin
Tugas minggu ke 10
1. Sebut & jelaskan metode pendekatan sumber daya manusia …?
Jawab :
Metode pendekatan sumber daya manusia yaitu :
a. Pendekatan sumber daya manusia
Pengelolaan dan pendayagunaan sumber daya manusia. Martabat dan kepentingan manusia tidak diabaikan
b. Pendekatan manajerial
Analisis prestasi pekerja dan kehidupan kerja karyawan tergantung pada atasan.
c. Pendekatan system
Personalia merupakan subsistem dari sistem organisasi atau perusahaan, perlu dievaluasi dengan kriteria besarnya kontribusi yang dibuat.
d. Pendekatan Proaktif
Dapat meningkatkan kontribusi kepada karyawan, manajer dan organisasi melalui antisipasi pada masalah yang timbul.
2. Untuk apa organisasi membuat rancangan kompensasi bagi karyawannya ?
Jawab
:
Tujuan organisasi membuat rencana kompensasi bagi karyawannya
· Menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi.
· Memotiasi karyawan mencapai prestasi unggul.
· Mencapai masa dinas yang panjang.
3. Apa perbedaan analisis beban kerja & analisis tenaga kerja ?
Jawab :
Perbedaan analisis beban kerja & tenaga kerja adalah :
· Analisis beban kerja meliputi peramalan penjualan, penyusunan jadwal waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat satu unit barang.
· Analisis tenaga kerja menhitung jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode.
4. Apa yang akan dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja ?
Tujuan organisasi membuat rencana kompensasi bagi karyawannya
· Menarik karyawan yang cakap ke dalam organisasi.
· Memotiasi karyawan mencapai prestasi unggul.
· Mencapai masa dinas yang panjang.
3. Apa perbedaan analisis beban kerja & analisis tenaga kerja ?
Jawab :
Perbedaan analisis beban kerja & tenaga kerja adalah :
· Analisis beban kerja meliputi peramalan penjualan, penyusunan jadwal waktu kerja dan penentuan jumlah tenaga kerja untuk membuat satu unit barang.
· Analisis tenaga kerja menhitung jumlah tenaga kerja yang sesungguhnya dapat tersedia pada satu periode.
4. Apa yang akan dilakukan karyawan jika terjadi ketidak sepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja ?
Jawab
:
Apabila terjadi ketidaksepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja karyawan akan :
· Mengadakan musyawarah lagi sampai ditemukan titik temunya.
· Boikot.
· Pemogokkan.
· Penghasutan.
· Memperlambat kerja.
· Malas-malasan dalam bekerja.
· Resign dari perusahaan tersebut.
5. Sebutkan hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan !
Apabila terjadi ketidaksepakatan dengan perusahaan tempat mereka bekerja karyawan akan :
· Mengadakan musyawarah lagi sampai ditemukan titik temunya.
· Boikot.
· Pemogokkan.
· Penghasutan.
· Memperlambat kerja.
· Malas-malasan dalam bekerja.
· Resign dari perusahaan tersebut.
5. Sebutkan hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan !
Jawab
:
Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah :
a. Closed shop agreement.
b. Union shop agreement.
c. Open shop agreement.
Hubungan yang mengatur antara tenaga kerja dengan manajer suatu perusahaan adalah :
a. Closed shop agreement.
b. Union shop agreement.
c. Open shop agreement.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar